UTS pemrograman java bagian 5
1. Buat program untuk menghasilkan 4 bilangan acak (random), kemudian tampilkan pada layar. Simpan 4 bilangan tsb pada sebuah Array
Source code:
Hasilnya:
2. Modifikasi program sehingga bilangan acak yang dihasilkan antara 0 s.d 9 (perlihatkan hasilnya di layar).
Source code:
Hasilnya:
3. Modifikasi program sehingga 4 bilangan acak yang dihasilkan tidak ada yang sama satu dengan yang lain (perlihatkan hasilnya di layar)
Source code:
Hasilnya:
4. Tambahkan pada program, perintah untuk input 4 bilangan, sebelum inputan beri keterangan "ANGKA KE-x", dimana x adalah indeksnya. Simpan 4 bilangan tsb pada sebuah Array. (Array ke-1 untuk 4 bilangan acak, Array ke-2 untuk 4 bilangan yg diinputkan).
Source code:
5. Modifikasi program sehingga tiap bilangan yg diinputkan hanya antara 0 s.d 9. Bila ada yang kurang dari 0 atau lebih dari 9 maka program meminta input kembali hanya untuk posisi bilangan tersebut dengan pesan “ANGKA YANG DINPUTKAN HANYA ANTARA 0 S.D 9, SILAKAN MASUKKAN KEMBALI ANGKA KE-x” dimana x adalah indeksnya.
Source code:
Hasilnya:
6. Tambahkan pada program, perintah untuk menghitung banyak pasangan elemen Array ke-1 & 2 yang memenuhi kondisi Alpha. Kemudian tampilkan pada layar "M ANGKA TEPAT" dmn M adalah banyak pasangan. Kondisi Alpha : Jika x == y dan elemen ke-x == elemen ke-y, dimana x indeks Array ke-1 dan y indeks Array ke-2
Source code:
Hasilnya:
7. Tambahkan pada program, perintah untuk menghitung banyak pasangan elemen Array ke-1 & 2 yang memenuhi kondisi Betha
Source code:
Hasilnya:
8. Modifikasi program sehingga hasil “4 ANGKA TEPAT DAN 0 ANGKA SALAH POSISI” berubah menjadi “ANDA MENANG”.
Tinggal di edit system.out.printnya menjadi :
Hasilnya:
9. Input untuk 4 Bilangan (soal nomor 5) akan terus diulang jika hasilnya bukan “ANDA MENANG”
Source code:
Hasilnya:
Source code:
package uts_tebakangka;
import java.util.Random;
public class UTS_Tebakangka {
public static void main(String[] args) {
Random angkaRandom = new Random();
int angkacak[]= new int[4];
for ( int i = 0; i < 4; i++ ){
angkacak[i] = angkaRandom.nextInt( 20 );
if ( i % 4 == 0 )
System.out.println();
System.out.print(angkacak[i]+" ");
}
System.out.println();
}
}
Hasilnya:
2. Modifikasi program sehingga bilangan acak yang dihasilkan antara 0 s.d 9 (perlihatkan hasilnya di layar).
Source code:
package uts_tebakangka;
import java.util.Random;
public class UTS_Tebakangka {
public static void main(String[] args) {
Random angkaRandom = new Random();
int angkacak[]= new int[4];
for ( int i = 0; i < 4; i++ ){
angkacak[i] = angkaRandom.nextInt( 9 );
if ( i % 4 == 0 )
System.out.println();
System.out.print(angkacak[i]+" ");
}
System.out.println();
}
}
Hasilnya:
3. Modifikasi program sehingga 4 bilangan acak yang dihasilkan tidak ada yang sama satu dengan yang lain (perlihatkan hasilnya di layar)
Source code:
package uts_tebakangka;
import java.util.Random;
import java.util.Collections;
import java.util.ArrayList;
public class UTS_Tebakangka {
public static void main(String[] args) {
ArrayList<Integer> Nilai_Random = new ArrayList<>();
int angkacak, i=9;
Random angkaRandom = new Random();
while(Nilai_Random.size() < i) {
boolean sama = false;
angkacak = angkaRandom.nextInt(i);
if (Nilai_Random.size() > 0) {
for (int j = 0; j < Nilai_Random.size(); j++) {
if (angkacak == Nilai_Random.get(j)) {
sama = true;
break;
}
}
if(sama==false){
Nilai_Random.add(angkacak);
}
} else {
Nilai_Random.add(angkacak);
}
}
for (int j = 0; j < 4; j++) {
System.out.print(Nilai_Random.get(j)+" ");
}
System.out.println();
}
}
Hasilnya:
4. Tambahkan pada program, perintah untuk input 4 bilangan, sebelum inputan beri keterangan "ANGKA KE-x", dimana x adalah indeksnya. Simpan 4 bilangan tsb pada sebuah Array. (Array ke-1 untuk 4 bilangan acak, Array ke-2 untuk 4 bilangan yg diinputkan).
Source code:
package uts_tebakangka;
import java.util.Random;
import java.util.Scanner;
public class UTS_Tebakangka {
public static void main(String[] args) {
int[] data= new int[4];
int i, jumdata;
Scanner scan= new Scanner(System.in);
int cacah=1;
for(i = 0; i<data.length; i++){
System.out.print("Masukkan bilangan ke-"+cacah+"= ");
data [i]= scan.nextInt();
scan.nextLine(); //buang data sisa
cacah+=1;
}
System.out.println(" Angka Input =");
for (i=0; i<data.length ; i++)
System.out.print(data[i]+" ");
Random angkaRandom = new Random();
int angkacak[]= new int[4];
System.out.println();
System.out.print(" Angka Acak =");
for ( i = 0; i < 4; i++ ){
angkacak[i] = angkaRandom.nextInt( 9 );
if ( i % 4 == 0 )
System.out.println();
System.out.print(angkacak[i]+" ");
}
System.out.println();
}
}
5. Modifikasi program sehingga tiap bilangan yg diinputkan hanya antara 0 s.d 9. Bila ada yang kurang dari 0 atau lebih dari 9 maka program meminta input kembali hanya untuk posisi bilangan tersebut dengan pesan “ANGKA YANG DINPUTKAN HANYA ANTARA 0 S.D 9, SILAKAN MASUKKAN KEMBALI ANGKA KE-x” dimana x adalah indeksnya.
Source code:
package uts_tebakangka;
import java.util.Random;
import java.util.Scanner;
public class UTS_Tebakangka {
public static void main(String[] args) {
int[] data= new int[4];
int i, jumdata;
Scanner scan= new Scanner(System.in);
int cacah=1;
for(i = 0; i<data.length; i++){
System.out.print("Masukkan bilangan ke-"+cacah+"= ");
data [i]= scan.nextInt();
if(data[i]<0||data[i]>9) {
System.out.print("Angka yang di input berkisar 0-9"
+ "masukkan lagi angka ke-"+cacah+"= ");
data [i]= scan.nextInt();
scan.nextLine();
}
else if ((data[i]>0)||(data[i]<9)){
}
cacah+=1;
}
System.out.println(" Angka Input =");
for (i=0; i<data.length ; i++)
System.out.print(data[i]+" ");
Random angkaRandom = new Random();
int angkacak[]= new int[4];
System.out.println();
System.out.print(" Angka Acak =");
for ( i = 0; i < 4; i++ ){
angkacak[i] = angkaRandom.nextInt( 9 );
if ( i % 4 == 0 )
System.out.println();
System.out.print(angkacak[i]+" ");
}
System.out.println();
}
}
Hasilnya:
6. Tambahkan pada program, perintah untuk menghitung banyak pasangan elemen Array ke-1 & 2 yang memenuhi kondisi Alpha. Kemudian tampilkan pada layar "M ANGKA TEPAT" dmn M adalah banyak pasangan. Kondisi Alpha : Jika x == y dan elemen ke-x == elemen ke-y, dimana x indeks Array ke-1 dan y indeks Array ke-2
Source code:
package uts_tebakangka;
import java.util.Random;
import java.util.Scanner;
public class UTS_Tebakangka {
public static void main(String[] args) {
Random angkaRandom = new Random();
int[] x= new int[4];
int y[]= new int[4];
int i, jumdata;
Scanner scan= new Scanner(System.in);
int cacah=1;
for(i = 0; i<x.length; i++){
System.out.print("Masukkan bilangan x ke-"+cacah+"= ");
x [i]= scan.nextInt();
if(x[i]<0||x[i]>9) {
System.out.print("Angka yang di input berkisar 0-9"
+ " masukkan lagi angka x ke-"+cacah+"= ");
x [i]= scan.nextInt();
scan.nextLine();
}
else if ((x[i]>0)||(x[i]<9)){
}
cacah+=1;
}
cacah=1;
for(i = 0; i<y.length; i++){
System.out.print("Masukkan bilangan y ke-"+cacah+"= ");
y [i]= scan.nextInt();
if(y[i]<0||y[i]>9) {
System.out.print("Angka yang di input berkisar 0-9"
+ " masukkan lagi angka y ke-"+cacah+"= ");
y [i]= scan.nextInt();
scan.nextLine();
}
else if ((y[i]>0)||(y[i]<9)){
}
cacah+=1;
}
System.out.println("X=");
for (i=0; i<x.length ; i++)
System.out.print(x[i]+" ");
System.out.println();
System.out.println("Y=");
for (i=0; i<y.length ; i++)
System.out.print(y[i]+" ");
System.out.println();
int sama=0;
System.out.println("Data yang sama");
for ( i=0 ; i <x.length; i++){
for( int j=0 ; j <y.length; j++)
if (x[i]==y[j]) {
sama=sama+1;
i++;
}
}
System.out.print(sama+" Angka Tepat");
}
}
Hasilnya:
7. Tambahkan pada program, perintah untuk menghitung banyak pasangan elemen Array ke-1 & 2 yang memenuhi kondisi Betha
Source code:
package uts_tebakangka;
import java.util.Random;
import java.util.Scanner;
public class UTS_Tebakangka {
public static void main(String[] args) {
Random angkaRandom = new Random();
int[] x= new int[4];
int y[]= new int[4];
int i, jumdata;
Scanner scan= new Scanner(System.in);
int cacah=1;
for(i = 0; i<x.length; i++){
System.out.print("Masukkan bilangan x ke-"+cacah+"= ");
x [i]= scan.nextInt();
if(x[i]<0||x[i]>9) {
System.out.print("Angka yang di input berkisar 0-9"
+ " masukkan lagi angka x ke-"+cacah+"= ");
x [i]= scan.nextInt();
scan.nextLine();
}
else if ((x[i]>0)||(x[i]<9)){
}
cacah+=1;
}
cacah=1;
for(i = 0; i<y.length; i++){
System.out.print("Masukkan bilangan y ke-"+cacah+"= ");
y [i]= scan.nextInt();
if(y[i]<0||y[i]>9) {
System.out.print("Angka yang di input berkisar 0-9"
+ " masukkan lagi angka y ke-"+cacah+"= ");
y [i]= scan.nextInt();
scan.nextLine();
}
else if ((y[i]>0)||(y[i]<9)){
}
cacah+=1;
}
// angka tepat
System.out.println("X=");
for (i=0; i<x.length ; i++)
System.out.print(x[i]+" ");
System.out.println();
System.out.println("Y=");
for (i=0; i<y.length ; i++)
System.out.print(y[i]+" ");
System.out.println();
int sama=0, sama1=0, no=0;
System.out.println("Betha:");
for ( i=0 ; i <x.length; i++){
for( int j=0 ; j <y.length; j++)
if (x[i]==y[j]) {
System.out.println("indeks ke-"+no+" X==Y X="+x[i]+" Y="+y[j]);
sama=sama+1;
i++;
no++;
}
else {
System.out.println("indeks ke-"+no+" X!=Y X="+x[i]+" Y="+y[j]);
no++;
sama1=sama1+1;
i++;
}
}
System.out.println(sama+" Angka Tepat");
System.out.println(sama1+" Angka Salah");
}
}
Hasilnya:
8. Modifikasi program sehingga hasil “4 ANGKA TEPAT DAN 0 ANGKA SALAH POSISI” berubah menjadi “ANDA MENANG”.
Tinggal di edit system.out.printnya menjadi :
package uts_tebakangka;
import java.util.Random;
import java.util.Scanner;
public class UTS_Tebakangka {
public static void main(String[] args) {
Random angkaRandom = new Random();
int[] x= new int[4];
int y[]= new int[4];
int i, jumdata;
Scanner scan= new Scanner(System.in);
int cacah=1;
for(i = 0; i<x.length; i++){
System.out.print("Masukkan bilangan x ke-"+cacah+"= ");
x [i]= scan.nextInt();
if(x[i]<0||x[i]>9) {
System.out.print("Angka yang di input berkisar 0-9"
+ " masukkan lagi angka x ke-"+cacah+"= ");
x [i]= scan.nextInt();
scan.nextLine();
}
else if ((x[i]>0)||(x[i]<9)){
}
cacah+=1;
}
cacah=1;
for(i = 0; i<y.length; i++){
System.out.print("Masukkan bilangan y ke-"+cacah+"= ");
y [i]= scan.nextInt();
if(y[i]<0||y[i]>9) {
System.out.print("Angka yang di input berkisar 0-9"
+ " masukkan lagi angka y ke-"+cacah+"= ");
y [i]= scan.nextInt();
scan.nextLine();
}
else if ((y[i]>0)||(y[i]<9)){
}
cacah+=1;
}
// angka tepat
System.out.println("X=");
for (i=0; i<x.length ; i++)
System.out.print(x[i]+" ");
System.out.println();
System.out.println("Y=");
for (i=0; i<y.length ; i++)
System.out.print(y[i]+" ");
System.out.println();
int sama=0, salah1=0, no=0;
System.out.println("Pesan:");
for ( i=0 ; i <x.length; i++){
for( int j=0 ; j <y.length; j++)
if (x[i]==y[j]) {
sama=sama+1;
i++;
no++;
}
else {
no++;
salah1=salah1+1;
i++;
}
}
if (sama==4 && salah1==0)
System.out.println("ANDA MENANG");
}
}
Hasilnya:
9. Input untuk 4 Bilangan (soal nomor 5) akan terus diulang jika hasilnya bukan “ANDA MENANG”
Source code:
package uts_tebakangka;
import java.util.Random;
import java.util.Scanner;
public class UTS_Tebakangka {
public static void main(String[] args) {
Random angkaRandom = new Random();
int[] data= new int[4];
int angkacak[]= new int[4];
int i, jumdata=0;
Scanner scan= new Scanner(System.in);
// angka acak
System.out.print("Angka acak:");
for ( i = 0; i < 4; i++ ){
angkacak[i] = angkaRandom.nextInt( 9 );
if ( i % 4 == 0 )
System.out.println();
System.out.print(angkacak[i]+" ");
}
System.out.println();
do {
jumdata++;
int cacah=1;
for(i = 0; i<data.length; i++){
System.out.print("Masukkan bilangan ke-"+cacah+"= ");
data [i]= scan.nextInt();
if(data[i]<0||data[i]>9) {
System.out.print("Angka yang di input berkisar 0-9"
+ "masukkan lagi angka ke-"+cacah+"= ");
data [i]= scan.nextInt();
scan.nextLine();
}
else if ((data[i]>0)||(data[i]<9)){
}
if (data[i]==angkacak[i]){
System.out.println("benar");
}
else if (data[i]!=angkacak[i]){
System.out.println("salah");
}
else {
System.out.println("Anda kalah");
}
cacah++; }
}
while ( angkacak[0]!=data[0] || angkacak[1]!=data[1]||
angkacak[2]!=data[2]|| angkacak[3]!=data[3]);
System.out.print("Anda menang");
}
}
Hasilnya:
Posting Komentar untuk "UTS pemrograman java bagian 5"
Posting Komentar
Artikel di blog ini bersumber dari pengalaman pribadi penulis, tulisan orang lain sebagai posting tamu maupun bayaran oleh sebab itu segala hak cipta baik kutipan dan gambar milik setiap orang yang merasa memilikinya